Halaman

Seputar Kebijakan dan Informasi Pembangunan Daerah

Twitter Feed Facebook Google Plus Youtube

Selasa, 12 Agustus 2014

Ditjen Bina Pembangunan Daerah layak mendapatkan ISO 9001:2008


Pelaksanaan Audit Internal ISO 9001:2008 Ditjen Bina Pembangunan Daerah tanggal 2 s.d 7 Juli 2014, dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tanggal 10 Juli 2014 telah dilaksanakan Audit Eksternal tanggal 22 Juli 2014 oleh Badan Sertifikasi Ajaregistra Indonesia. Auditor eksternal melaksanakan audit terhadap auditee Management Representative (Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah), Sekretariat ISO, Bagian Umum, Bagian Perencanaan, dan Bagian Perundang-undangan dan Kepegawaian.
Dari hasil audit eksternal terdapat 1 Temuan Minor dan 2 Observasi (saran perbaikan) yaitu :
a.   Temuan Minor (laporan ketidaksesuaian) pada Bagian Umum terkait SOP Penerimaan Tamu yaitu klausul 6.2 tentang Sumber Daya Manusia dengan penjelasan Proses recruitmen pegawai pada penerimaan tamu tidak dilengkapi dengan bukti dokumen, sehingga perlu dilakukan perbaikan mekanisme recruitmen sesuai yang dibutuhkan.
b.    Laporan Observasi (saran perbaikan) terkait dengan :
· Hasil survei kepuasan pelanggan yang dikategorikan belum memuaskan, dan disarankan agar dibahas didalam Rapat Tinjauan Manejemen (RTM) berikutnya.
·  Hasil Rapat Tinjauan Manajemen (notulen rapat), disarankan agar dapat dicantumkan batas waktu target penyelesaiannya.

Hasil akhir audit eksternal memberikan rekomendasi bahwa Sertifikasi ISO 9001:2008 Ditjen Bina Pembangunan Daerah masih layak untuk "dipertahankan", dan hasil temuan segera dilakukan perbaikan, dan menjadi prioritas verifikasi pada audit selanjutnya.
Terkait dengan hasil audit eksternal Bapak Dirjen selaku Top Management telah memberikan petunjuk dan arahan guna tindak lanjut kedepan dan perbaikan sehingga mutu pelayanan Ditjen Bina Pembangunan Daerah akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar