Halaman

Seputar Kebijakan dan Informasi Pembangunan Daerah

Twitter Feed Facebook Google Plus Youtube

Rabu, 13 Agustus 2014

Bagaimana Fasilitas Sistem Finger Print dan Kinerja Kemendagri Bekerja?

Reformasi Birokrasi telah banyak merubah budaya kerja Kementerian/Lembaga/Dinas/Instansi, termasuk di Kementerian Dalam Negeri yang tentu saja diharapkan membawa dampak perubahan kinerja setiap Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satu perubahan yang signifikan adalah dengan adanya sistem finger print online Kemendagri yang saat ini menjadi perhatian setiap Aparatur karena terkait dengan kinerja yang nanti nya berdampak kepada besaran tunjangan kinerja yang didapat setiap aparatur.

Banyak sekali aparatur di lingkungan Kemendagri yang belum mendapatkan informasi secara utuh terkait Sistem Fingerprint ini, untuk itu saya mencoba mengupas isi dan fasilitas yang ada di dalam system tersebut.

Perlu diketahui bersama bahwa server fingerprint dan kinerja ini berada di kantor Pusat Kemendagri bukan di masing-masing komponen sehingga jaringan ini berjalan secara online dan realtime.


Beginilah menu utama System Finger Print Kemendagri dimana Database Kepegawaian sudah terintegrasi dengan System ini walau belum keseluruhan tapi sudah bisa terlihat persentase kedisiplinan setiap aparatur.

  
System Fingerprint ini sudah bisa mengukur kinerja setiap aparatur walau hanya dari segi ketepatan waktu, keterlambatan, izin dan lain-lain.


Setiap pegawai/aparatur harus menyampaikan Surat Perintah Tugas, Undangan, Surat Izin, Surat Keterangan Sakit dan lain-lain kepada Bagian Kepegawaian atau Petugas Absensi sesegera mungkin agar dapat dilakukan penginputan data dan tidak menumpuk untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan Pegawai/Aparatur baik dari sisi kedisiplinan maupun tunjangan kinerja.


Gambar diatas merupakan salah satu contoh pegawai/aparatur yang terkena pemotongan Tunjangan Kinerja karena Alpa, Terlambat, Cepat Pulang, Sakit, cuti dan lain-lain.

Tulisan ini hanya sebagai informasi pembelajaran untuk mengenal bagaimana Sistem Finger Print Ini bekerja sehingga Aparatur/Pegawai dapat lebih tertib dan tidak dirugikan karena kurangnya pemahaman terhadap cara kerja sistem ini.

Semoga Bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar