Halaman

Seputar Kebijakan dan Informasi Pembangunan Daerah

Twitter Feed Facebook Google Plus Youtube

Kamis, 28 November 2013

Membuat Website atau Blog Sederhana dengan Kaya Fasilitas Bagian Pertama


Pada malam hari tepatnya pukul 22.00 wib saya di sms oleh teman yang meminta bantuan untuk mengupdate websitenya yang selama ini dibangun oleh orang lain.

Karena teman merasa kesulitan untuk mempelajari bagaimana caranya mengupdate saya mencoba membantu apa yang saya ketahui dengan waktu seadanya..

Dalam hati saya memaklumi karena tidak semua orang punya waktu untuk mempelajari dan mendalami bagaimana caranya membangun website.. untuk itu saya mencoba berbagi bagaimana caranya membuat website dengan mudah...

Sebenarnya di zaman sekarang internet sudah semakin canggih banyak sekali alternatif-alternatif untuk membangun sebuah website, antara lain :

A. Website Gratis berbentuk Blog
1. www.blogspot.com atau blogger.com



Bagi anda yang suka menulis, tidak ada salahnya mencoba blogspot.com, karena  sangat cocok bagi anda yang menyukai sesuatu yang simple dan easy, dtambah fitur-fitur atau fasilitas content yang mudah dipahami.. Saya termasuk yang menyukai blogger.com karena tidak perlu pusing-pusing memahami bahasa pemrograman html contohnya di blog saya ini www.rendyjayalaksamana,blogspot.com, rajanyakepiting.blogspot.comssbarcici.blogspot.com dan masih banyak lagi, kelebihan lainnya dengan 1 email google anda bisa membuat banyak blog dengan alamat yang berbeda-beda.

2. www.wordpress.com


adalah weblog penyedia hosting gratis yang dimiliki oleh Automattic yang memulai debutnya dalam versi beta pada tanggal 8 Agustus 2005 dan dibuka untuk umum pada tanggal 21 November 2005. Didukung oleh platform WordPress. Memungkinkan kita secara finansial dengan membayar untuk upgrade menjadi anggota “VIP” dan layanan ini berbatas pada iklan Google Adsense.


3.Typepad
adalah sebuah layanan blog dari perusahaan Six Apart Ltd. yang diluncurkan pada Oktober 2003, TypePad menggunakan platform Jenis Six Apart Movable, dan teknologi berbagi dengan Movable Type seperti template dan API, tetapi dipasarkan untuk pengguna non-teknis dan termasuk tambahan fitur seperti dukungan untuk beberapa penulis, album foto dan Moblogging.


4.LiveJournal 
adalah sebuah komunitas virtual dimana pengguna internet dapat memulai sebuah blog, jurnal atau LiveJournal blogging buku harian.Fitur termasuk yang ditemukan pada situs blogging serupa (beberapa penulis, komentar, kalender, dan jajak pendapat). Namun, LiveJournal membedakan dirinya dari situs blog lain dengan fitur bagus seperti menciptakan komunitas Anda sendiri dan beberapa jaringan sosial seperti fitur yang dapat terhubung dengan situs jejaring sosial.


5.Blogetery 
menawarkan hosting blog gratis didukung oleh versi terbaru dari WordPress. Anda dapat dengan mudah mempublikasikan teks, podcast, gambar, file media dan banyak lagi hanya dengan satu klik mouse.


6.Blogs ome
mudah digunakan, memilih jenis tema WordPress, upload foto, personalisasi desain Anda dan mulai blogging sekarang. Anda juga dapat melihat contoh posting terbaru dan blog. blogsome.com juga menawarkan sebuah forum di mana Anda dapat menemukan semua jenis jawaban, membaca dokumentasi penting dalam hubungan pelayanan dan persyaratan penggunaan, dan Anda harus mengajukan pertanyaan yang benar-benar pintar untuk menjadi bagian dari komunitas ini. Situs tujuan blogsome adalah untuk menawarkan layanan yang bersih, jadi ketika pengguna diketahui menggunakan konten copas dari situs-situs lain sebagai alat menghasilkan trafik blog, mereka langsung menghapus blog ini dan menghentikan layanan.


7.Edublogs.c om 
adalah layanan blog di bidang pendidikan populer di dunia. Edublogs memungkinkan Anda dengan mudah membuat & mengelola blog untuk siswa & guru, dapat dengan cepat menyesuaikan desain dan termasuk video, foto & podcast dengan mudah dan aman.


8.B log
menyediakan fitur lengkap platform publishing gratis. Blog Pribadi atau membentuk komunitas penulis, dengan alamat URL blog Anda akan terlihat seperti: you.blog.com. Disini juga menawarkan hosting blog gratis dengan unlimited bandwidth untuk mereka yang menggunakan paket gratis, dan banyak lebih banyak manfaat lagi bagi mereka yang menggunakan paket berbayar.


9.T umblr 
adalah sebuah platform microblogging yang memungkinkan pengguna untuk mengirim teks, gambar, video, link, kutipan dan audio untuk tumblelog mereka, blog bentuk singkat. Pengguna dapat mengikuti pengguna lain (follow), atau memilih untuk membuat tumblelog pribadi mereka sendiri. Layanan ini menekankan kemudahan penggunaan.


10.Pulse.yahoo 
Yahoo Pulse, adalah jejaring sosial dan portal komunikasi pribadi dioperasikan oleh Yahoo pada pembukaannya di tahun 2005. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat situs web pribadi, berbagi foto dari Yahoo Photos, memelihara dan daftar blog, membuat dan berbagi profil publik dan melihat mana teman-teman online. Yahoo Pulse juga memiliki fitur ‘friends updates’ (‘update teman’), dimana kita bisa melihat ringkasan update teman terakhir (misalnya posting blog, daftar update atau sharing Foto terakhir dari teman anda).

Dan masih banyak lagi alternatif-alternatif lainnya tergantung selera anda...
Pada bagian selanjutnya saya akan mengupas tentang membuat website versi komersial atau berbayar.

1 komentar:

  1. aq minta maaf terlebih dahulu,ini kisah nyatah aku,ini aq seorang pedanga sukses dulu,semakin sukses aq selalu main judi besaran tapi lama kelamaan aq bangkrut gara2 judi,dan sekaran aku punya hutang banyak di bank ama keluarga,sekaran aku stres,pusing gara mikirin itu,tapi syukur ada tmn beri petunjuk kepada aq berhubungan dunia gaib melalui bantuan atas nama kisongo dengan nomornya beliau 085 217 519 919 tp aq ikuti saran aki songo selama seminggu,syukur alhamdulillah aq ikut namanya bank gaib,cuma butuh 3hari uang gaibnya cari dan aku bisa bayar hutang dimana dan sisanya untuk bangkit dagan lagi bagi saudara mau seperti aq ini ada blog akinya di www.paranormal-kisongo.blogspot.com ingat saudara kalau ada berbicara ama beliau harus sopan ya dan jagan bilang kalau aq yang sebarkan nomornya,mudahan ini bisa bermamfaat.terima kasih

    BalasHapus